elektronika

THE BEST FOR YOUR APPLICATION

Sabtu, 01 Februari 2014

Motor 4 Tak Mulai Ngebul

Kalau motor kita RX King atau Ninja 150 yang berbasis mesin 2-tak, pasti biasa dengan asap yang mengepul keluar dari knalpot. Tapi kalau yang kita pakai itu Honda Supra atau Tiger, Shogun 125 dan seterusnya yang menggunakan mesin 4-tak?
Motor Ngasap
Jangan buru-buru bingung jika motor 4-tak kita berasap alias ngebul. Walaupun memang tetap saja ada ketidakberesan terjadi pada mesin motor. Lihat dulu warna asapnya. Kalau asap berwarna kehitaman atau abu-abu pekat, ini dapat dimungkinkan karena campuran bensin di karburator kebanyakan. Hal ini bukan berarti ada kerusakan, cukup atur setting karburatornya. Namun jangan dicuekin, bisa-bisa merembet. Paling cepat yang kita rasakan akibatnya adalah boros bensin atau busi cepat lemah.
Tapi bagaimana kalau ngebulnya putih kaya motor 2-tak?? Pada motor 2-tak, oli samping sekaligus berfungsi sebagai pelumas sekher. Jadi ikut terbakar hawa bensin di ruang bakar. Sehingga asap berwarna putih dengan ikut terbakarnya oli samping tadi. Untuk motor mesin 4-tak, kalu begini kejadiannya baru kita boleh panik.. Ini berarti ada oli mesin menetes masuk pengapian /  ruang bakar. Akibatnya, oli itu ikut terbakar.
Kok bisa oli masuk kesitu? Ada beberapa kemungkinan, bisa dikarenakan seal klep sudah rusak akibat kurangnya suplai oli kekepala silinder. Hal ini menyebabkan  komponen aus akibat bergesekan dengan klep secara terus-menerus tanpa dibarengi cukup pelumas. Penggantian seal cukup untuk mengatasi problem.
Kemungkinan kedua, ring sekher  minta diganti karena sudah tak sanggup menahan oli dari kruk as agar tidak masuk ruang bakar. Segera ganti ring sekher untuk mencegah kerusakan yang lebih dahsyat. Tapi kalau kerusakan sudah parah dan menular kemana-mana, apa boleh buat. Kita kudu bayar lebih buat ganti piston dengan ukuran lebih besar (oversize).
Yang wajib kita ingat pada mekanisme motor bermesin 4-tak, peran oli mesin sangat sangat penting.. Kepekatan/kekentalan oli makin lama makin encer hingga daya lumasnya pun makin kurang. Jadi… jangan sampai telat ganti oli mesin…







Sepeda motor 4 tak knalpotnya berasap padahal telah dua kali diperbaiki bengkel. Ring piston dan pistonya telah diganti tetapi masih saja berasap. Silindernya juga telah di over size 50 namun masih saja berasap bahkan suaranya menjadi kasar. Apa penyebabnya knalpot berasap?, dan jika piston telah di over size apakah bisa distandarkan lagi?.
knalpot motor


Penyebab knalpot mesin 4 tak sepeda motor berasap adalah karena oli ikut terbakar atau karena campuranya terlalu gemuk. Biasanya jika oli ikut terbakar asap gas buang berwarna putih. Penyebab oli ikut terbakar adalah adanya keausan pada dinding silinder atau ring piston. Tetapi dapat juga disebabkan oleh keausan busing katupnya sehingga oli masuk ke ruang bakar. Jika silindernya aus cara mengatasinya harus di over size. Penggantian ring piston dan pistonya saja tidak menyelesaikan masalah. Diameter silinder harus di over size, yaitu diperluas dengan ukuran tertentu menyesuaikan dengan diameter piston yang ada di pasaran. Tentu saja setelah silinder di over size tidak dapat di standarkan lagi kecuali dengan cara disok yaitu diberi silinder baru yang disisipkan ke lubang silinder lama.

Jika silinder telah diover size dan piston serta ringnya telah disesuaikan tetapi gas buang tetap berasap putih kemungkinan penyebabnya adalah pemasangan ringnya tidak benar mungkin terbalik atau celahnya tidak tepat.


Seorang teman menanyakan kepada saya, kenapa kecepatan sepeda motor hanya 90 km/jam padahal seharusnya dapat mencapai 105 - 110 km/jam. Jika dipaksakan mesin menjadi sangat panas dan suaranya menjadi kasar. Sehabis diservis larinya sangat bagus seminggu kemudian kembali lagi seperti semula. Apa sebabnya itu?.


Menjawab persoalan tersebut kemungkinan penyebabnya banyak sekali karena motor tersebut dapat dinaikkan kecepatanya berarti kerusakanya tidak parah. Mungkin saluran-saluran bensinya tersumbat oleh kotoran yang sebelumnya sudah ada pada sistem pengaliran bensin. Untuk mengatasi hal itu coba coba servis sekali lagi sepeda motor tersebut dengan juga membersihkan selng bensin dn tangki bensinya.

Disamping itu periksa juga kekerasan baut-baut pada karburator serta mur pengunci katup. Sebab bisa jadi baut-baut penyetel karburatornya kendor. Penyebab lainya mungkin saringan udara kotor sehingga menghambat aliran udara. serta kabel-kabel dan sambunganya. Keausan antara piston dengan dinding silinder juga menurunkan kemampuan mesin. Ukur celah antara piston dengan dinding silindernya. Jika hasil pengukuran melebihi ketentuan berarti keausan telah berlebihan.


Menganalisa Permasalahan Mesin Sepeda Motor Tidak Bertenaga

Pada mesin sepeda motor yang sudah lama dan sering bolak-balik di servis kadangkala mengalami permasalahan dimana mesin menjadi tidak bertenaga meskipun beberapa komponen mesin telah diganti tetapi mesin tetap tidak bertenaga. Komponen yang diganti tersebut adalah piston. busi, platina, kondensor, koil dan kiprok. Tetapi tenaga mesin tidak bisa maksimal?.



Penggantian komponen saja tidak menjamin tenaga mesin menjadi maksimal. Disamping penggantian diperlukan juga penyetelan dan pemasangan yang benar. Meskipun pistonya baik tetapi jika cara pemasanganya tidak benar  juga tidak ada gunanya. Perhatikan tanda-tanda pemasangan piston atau ciri-cirinya. Bagian mana yang menghadap ke sisi buang dan bagian mana yang menghadap ke sisi masuk. Setiap piston mempunyai ciri-ciri  yang khas. Biasanya tanda panah pada permukaan kepala piston menghadap ke saluran buang.

Demikian pula dengan pemasangan ring pistonya. Perhatikan tanda-tanda pemasanganya, penyetelan yang baik sangat menentukan tenaga mesin. Komponen yang perlu di setel adalah celah platina, celah katup dan saat pengapian
Setelah semua komponen disetel saluran pemasukan dan pembuanganya harus rapat. Kebocoran pada kedua sistem terebut dapat mengurangi kemampuan mesin. Kebocoran pada saluran pemasukan menyebabkan campuran kurus sehingga bahan bakar sulit terbakar.



2 komentar:

  1. Biasa kalau knalpot kereta revolume saya putih biaya perbaikannya brp bang

    BalasHapus