elektronika

THE BEST FOR YOUR APPLICATION

Sabtu, 01 Februari 2014

oversize mesin motor

oversize sendiri mesin motormu

 sudah jadwalnya motorku service engine yang biasanya saya lakukan sendiri dirumah.
service engine yang biasa saya lakukan sederhana yakni
membersihkan jalur intake 
dan exthaust pada head silinder, skir klep, membersihkan kubah head silinder, membersihkan piston, dan setting klep.

14042012718
perjelas nya
14042012719
kondisi head silinder sebelum dibersihkan
14042012728
kondisi piston gan yang sebelumnya sudah saya oversize menggunakan piston jupiter Z
oversize 100 diameter 52mm
14042012721
pada saat bongkar piston ada yang ganjil di dinding pistonya kaya bekas gesekan keras
14042012720
kondisi boring silindernya gan
14042012725
yang bikin saya bingung kondisi baru 2 bulan saya oversize kok sudah kena lagi boring silindernya, apa bubutanya yang jelek atau gimana padahal oli ga pernah kurang dan selalu tepat jarak tempuh penggunaanya. ya mungkin karena pada oversize sebelumnya saya pasrahkan ke bengkel, jadi begini atau ini cuma pemainan bengkel tersebut. sambil mikir mau oversize piston apa biar ga perlu bore up alias ganti bore yang lebih besar mending ngorok (ngopi + rokok) dulu
14042012729
dan akhirnya jatoh lah pada pilihan piston Kharisma std dengan diameter 52,4 dengan pertimbangan kondisi diameter bore luarnya bagian dalam 56mm dan bagian luar belakang 54,5mm
15042012732
dan piston sudah di profil ulang bentuknya menyesuaikan head silinder dan besar klepnya
15042012733
setelah head silinder dibersihkan dan sudah di sekir klepnya, maka siap dipasang
15042012735
oke sekarang lanjut ke proses pemasangan
pertamax
pasang pistonya dulu
15042012736
next
pasang silinder bloknya
15042012738
setelah itu lanjut pasang head silinder dan gear yang terhubung dengan noken as ke rantainya, jangan sampai salah settingan posisi topnya. lanjut pasang kenalpotnya serta karburator, (sory ga ada gambarnya hehe) langsung start engine bruuummmmm..
perubahan mesin setelah oversize
1.suara kenalpot makin keras (pakai knalpot nobi triovale) tapi tetep ngebas
2.putaran bawah mesin jadi agak galak tenaganya (belom brani test ngebut masih reyen)
3.konsumsi bahan bakar cuma beda tipis aja, belom ngukur detailnya
4.stater mudah dihidupkan ga kaya sebelumnya.
dengan penggunaan piston 52,4mm jika dikalikan dengan stroke honda blade 55.6 maka didapat hasil volume silinder 119.8 atau dibulatkan jadi 120cc, hmmm , kalo kemarin bisa tembus 13dk sekarang dapet berapa yah.?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar